Pages

Subscribe:

Selasa, 01 Mei 2012

Modul Komponen Biotik dan Abiotik


Tugas  Produksi Media Berbasis Ict
MODUL
Komponen Biotik dan Komponen Abiotik
KELAS VII SMP
Oleh :
MAHIRA SYAM
091404034
KELAS A


JURUSAN BIOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2012


A.   PENDAHULUAN
Modul ini berisi materi Biologi untuk siswa SMP kelas VII yang mengkaji tentang kompnen biotic dan abiotik serta gejala alam yang ditimbulkan. Dalam modul ini disajikan materi-materi singkat (inti pembelajaran) mengenai poko materi yang dibahas. Dengan modul ini diharapkan guru mampu membangkitkan motivasi belajar sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.
v  Standar kompetensi : 5.  Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.
v  Kompetensi dasar     : 5.1    Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik.
v  Tujuan pembelajaran:           
1)        Menjelaskan pengertian komponen biotik.
2)        Menyebutkan beberapa contoh dari komponen biotik.
3)        Menjelaskan pengertian komponen abiotik.
4)        Menyebutkan beberapa contoh dari komponen abiotik.
5)        Menjelaskan gejala alam biotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
6)        Menjelaskan gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan I 
·         Uraian Materi
Manusia merupakan makhluk social yang tidak dapat hidup sendiri tetapi membutuhkan interaksi dengan lingkungan sekitar. Di sekitar kita, juga terdapat berbagai makhluk hidup. Sebagai manusia, kita juga dikelilingi manusia lainnya. Masing-masing melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seperti makan, bergerak, dan berkembang  biak untuk kelangsungan hidupnya. Tumbuhan pun melakukan fotosintesis dan bernapas untuk mempertahankan hidupnya. Begitu pun dengan hewan, mereka melakukan aktivitas untuk melangsungkan hidupnya. Semua makhluk hidup saling berinteraksi dan tidak dapat dipisahkan dengan lingkungannya. Selain makhluk hidup, di lingkungan juga terdapat udara, angin, air, tanah, cahaya dan lain-lain yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Semua itu merupakan benda tidak hidup.
Makhluk hidup dan lingkungan hidupnya tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya, keduanya saling mempengaruhi. Sebagai contoh adalah cacing tanah yang hidup di dalam tanah lembab. Tanah lembab memiliki ciri-ciri seperti kadar air,  suhu, kelembapan, dan kandungan zat organic yang sesuai dengan kebutuhan hidup cacing tanah. Di dalam tanah, cacing tidak hidup sendiri tetapi terdapat berbagai makhluk hidup lain, misalnya keluwing, berbagai jenis bakteri, tumbuhan paku, semut, paku, dan lumut. Semua  makhluk hidup merupakan komponen abiotik. sedangkan yang bukan makhluk hidup (tanah, suhu, kelembapan, air, dan kandungan zat organic) merupakan komponen abiotik.
1.      Komponen Biotik
Biotic berarti makhluk hidup. Komponen-komponen biotic terdiri atas berbagai jenis makhluk hidup yaitu mikroorganisme, jamur, ganggang, lumut, tumbuhan paku, invertebrate (hewan tidak bertulang belakang) dan vertebrata (hewan bertulang belakang) termasuk manusia. Setiap komponen biotic memiliki cara hidup sendiri  yang akan menentukan interaksinya dengan komponen biotic dan komponen abiotik lainnya.
Organism bisa berkompetisi dengan suatu individu untuk mendapatkan makanan dan mempertahankan hidupnya. Misalnya, seperti  pada jarring-jaring makanan, tumbuhan hijau melakukan fotosintesis untuk memperoleh makanan, herbivore memakan tumbuhan, karnivor memakan herbivor dan mikroorganisme menguraikan sisa-sisa tumbuhan dan hewan untuk memperoleh energy. Beberapa jenis herbivore  seperti sapi, kambing dan rusa akan berkompetisi untuk memperoleh makanannya yang berupa tumbuhan hijau.
2.      Komponen Abiotik
Abiotik artinya bukan makhluk hidup atau komponen tak hidup. Benda-benda mati (makhluk tak hidup) tersebut mempunyai pengaruh pada kehidupan makhluk hidup. Komponen abiotik merupakan komponen fisik dan kimia yang membentuk lingkungan abiotik. Contoh komponen abiotik antara lain suhu, air, cahaya, kelembapan, udara, garam-garam mineral dan tanah. Komponen ini tidak berdiri sendiri, tetapi saling berinteraksi sehingga mempengaruhi sifat satu sama lain.
a.       Suhu
Suhu atau tenperatur adalah derajat energy panas. Sumber utama energy adalah radiasi matahari. Suhu lingkungan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup organism karena sangat menentukan aktivitas enzim di dalam tubuh organism. Peningkatan suhu tubuh pada rentang kisaran toleransi organism akan menyebabkan kenaikan aktivitas enzim dalam membantu reaksi metabolism.  Sel bisa pecah bila air yang terdapat di dalamnya membeku pada suhu dibawah 0o C, dan ptotein pada sebagian besar organism akan mengalami denaturasi pada suhu di atas 45oC.  Selain itu, sejumlah organism dapat mempertahankan suatu metabolism yang cukup aktif pada suhu yang sangat rendah atau pada suhu yang sangat tinggi. Adaptasi memungkinkan beberapa organism hidup di luar kisaran suhu tersebut. Suhu internal suatu organism sesungguhnya dipengaruhi oleh pertukaran panas dengan lingkungannya, dan sebagian besar organism tidak dapat mempertahankan suhu tubuhnya lebih tinggi beberapa derajat di atas atau di bawah suhu lingkungan sekitarnya. Sebagai makhluk endotermis, mamalia dan burung merupakan pengecualian utama, tetapi fungsi-fungsi endotermis sekalipun akan bekerja paling baik di dalam kisaran suhu lingkungan tertentu yang bervariasi menurut spesies.
b.      Cahaya
Cahaya merupakan salah satu energy yang bersumber dari radiasi matahari. Cahaya matahari terdiri atas beberapa macam panjang gelombang. Jenis panjang gelombang, intensitas cahaya, dan lama penyinaran cahaya matahari berperan dalam kehidupan makhluk hidup. Misalnya, tumbuhan memerlukan cahaya dengan panjang gelombang tertentu (dari matahari dan sumber lain) untuk proses fotosintesis.
Matahari memberikan energy yang menggerakkan hampir seluruh ekosistem, meskipun hanya tumbuhan dan organism fotosintetik lain yang menggunakan sumber energy ini secara langsung. Intensitas cahaya bukan merupakan factor terpenting yang membatasi pertumbuhan tumbuhan di lingkungan darat, tetapi penaungan kanopi hutan membuat persaingan untuk mendapatkan cahaya matahari dibawah kanopi tersebut menjadi sangat ketat. Dalam lingkungan akuatik, intensitas dan kualitas cahaya membatasi persebaran organism fotosintetik. Setiap meter kedalaman air secara selektif menyerap  45% cahaya merah dan sekitar 2% cahaya biru yang melauinya. Sebagai hasilnya, sebagian besar fotosintesis dalam lingkunga akuatik terjadi relative di dekat permukaan air.
Cahaya juga penting bagi perkembangan dan perilaku banyak tumbuhan dan hewan yang sensitive terhadap fotoperiode, yaitu panjang panjang ralatif siang dan malam hari. Fotoperiode merupakan suatu indicator yang dapat memberikan pentunjuk mengenai kejadian musiman, seperti perbungaan atau perpindahan (migrasi).
c.       Air
Air merupakan sumber utama kehidupan, karena tanpa adanya air makhluk hidup tidak akan bisa hidup. lebih dari 70% permukaan bumi terdiri atas air, namun dari sekian besar volume air air yang terdapat di bumi, hanya sebagian kecil saja yang dapat digunakan (air segar). Air terdiri dari molekul-molekul H2O. air dapat berbentuk padat, cair dan gas. Bentuk padat misalnya es (salju), serta berbentuk gas berupa uap air. Air sangat diperlukan oleh makhluk hidup karena sebagian besar tubuhnya mengandung air.
Sifat-sifat air yang unik berpengaruh pada organism dan lingkungannya. Air sangat penting bagi kehidupan, tetapi ketersediaannya bervariasi secara dramatis diberbagai haitat. Organism air tawan dan air laut hidup terendam di dalam suatu lingkungan akuatik, tetapi organism tersebut mengalami permasalahan keseimbangan air jika tekanan osmosis intraselulernya tidak sesuai dengan tekanan osmosis air disekitarnya. Organism lingkungan darat menghadapi ancaman kekeringan yang hamper konstan, dan evolusinya dibentuk oleh kebutuhan untuk mendapatkan dan menyimpan air dalam jumlah yang mencukupi.
d.      Tanah
Tanah merupakan tubuh alam yang berfungsi sebagai tempat tinggal makhluk hidup dengan segala aktivitasnya. Selain sebagai tempat tinggal makhluk hidup, tanah juga menyediakan unsur-unsur yang diperlukan untuk kehidupan tumbuhan seperti unsur hara, bahan organik,serta air yang terdapat di dalam tanah.
Tanah berasal dari pelapukan batuan padat. Air yang merembes ke dalam celah batu dan membeku selama musim dingin akan meretakkan batu tersebut, dan asam yang terlarut dalam air tersebut juga membantu memecahkan batu. Begitu memasuki batu, organisme-organisme akan mempercepat perombakan. Lichenes, fungi, bakteri, lumut, dan akar tumbuhan semuanya mensekresi asam, dan perluasan akar yang tumbuh dalam celah batu akan memecahkan batu dan kerikil. Hasil akhir dari semua aktivitas ini adalah top soil (bunga tanah), suatu campuran partikel yang diperoleh dari batu, organisme hidup, dan humus, suatu residu bahan organik yang dibusukkan secara bertahap
Tanah memiliki sifat, tekstur dan kandungan garam mineral tertentu. Struktur fisik, pH, dan komposisi mineral tanah akan membatasi persebaran tumbuhan dan hewan.  Pada aliran sungai, komposisi tanah dapat mempengaruhi factor kimiawi air, yang selanjutnya akan mempengaruhi tumbuhan dan hewan penghuni ekosistem tersebut. Pada lingkungan laut, struktur substrat dan zona pasang-surut dan pada dasar laut manentukan jenis organism yang dapat menempel dan meliang dalam habitat seperti itu. Bagi tumbuhan Tanah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan tumbuhan karenanya merupakan media bagi tumbuhan yang tumbuh di atasnya, sebagai sumber nutrisi dan tempat melekatkan diri dengan akarnya.
e.       Kelembapan
Kelembapan merupakan salah satu komponen abiotik di tanah dan udara. Kelemabapan udara berarti kandunga uap air di udara, sedangkan kelembapan tanah berarti kandungan air dalam tanah. Kelembapan diperlukan oleh makhluk hidup agar tubuhnya tidak cepat kering karena penguapan. Kelembapan yang diperlukan makhluk hidup berbeda-beda. Sebagai contoh, jamur dan cacing memerlukan habitat yang sangat lembab, sedangkan kadal gurun pasir memerlukan habitat sebaliknya.
Masalah yang dihadapi oleh hewan-hewan daratan pada kelembaban rendah, terutama sekali bila suhu tinggi, ialah bagaimana mengurangi penguapan atau kehilangan air dari tubuhnya, begitu pun dengan tumbuhan. Cara untuk mengatasi masalah ini bemacam-macam, salah satu diantaranya ialah dengan estivasi (tidur musim kering). Dalam suatu habitat di padang pasir yang keadaannya panas dan kering, praktis semua jenis-jenis hewan penghuninya aktif di malam hari (noktural), yaitu pada suhu rendah dan kelembapan tinggi. Selain itu, berbagai jenis hewan penghuni padang pasir mendapatkan air dari hasil metabolism hidrat arang dalam tubuhnya, serta urine dan fesesnya padat dan kering. Begitu pun dengan tumbuhan. metabolism dalam tubuhnya juga tergantung pada kelembapan. Misalnya bila musim kemarau, tanah akan berkurang kelembapannya maka pohon katapang akan menggugurkan daunnya unutk mengurangi penguapan.
f.        Garam-garam mineral
Garam mineral antara lain ion-ion nitrogen, fosfat, sulfur, kalsium dan natrium. Komposisi garam mineral tertentu menentukan sifat tanah dan air. Contohnya kandungan ion-ion hydrogen menentukan tingkat keasaman, sedangkan ion natrium dan klorida menentukan tingkat salinitas (kadar garam). Tumbuhan mengambil garam-garam mineral (unsure hara) dan air dari tanah untuk proses fotosintesis.
Pengaruh garam mineral yang terdapat di lingkungan bagi makhluk hidup, pada umumnya bersifat fisologis melalui berbagai fungsinya sebagai unsure hara (nutrient yang terkandung dalam makanannya. Garam-garam tertentu diperlukan dalam jumlah besar (makronutrien) dan juga dalam jumlah sedikit (mikronutrien). Kurang atau tidak tersedianya suatu unsure dan senyawa penting dalam lingkungan, adakalanya kan tampak dari komposisi kimia atau penampilan tubuh, bagian tubuh dan produk-produk yang dihasilkan makhluk hidup. Pada hewan, misalnya kurangny zat kapur disuatu tempat dapat mengakibatkan jenis-jenis mollusca yang hidup di temapt itu bercangkang tipis, namun tipisnya cangkang tidak selalu disebabkan oleh kurangnya zat kapur semata. Pada tumbuhan, misalnya kekurangan  klor (Cl) akan mengakibatkan Layu pada ujung daun,klorosis dan nekrosis, akar memendek dan buah berkurang.
·        Rangkuman
1.      Biotic berarti makhluk hidup. Komponen-komponen biotic terdiri atas berbagai jenis makhluk hidup yaitu mikroorganisme, jamur, ganggang, lumut, tumbuhan paku, invertebrate (hewan tidak bertulang belakang) dan vertebrata (hewan bertulang belakang) termasuk manusia
2.      Abiotik artinya bukan makhluk hidup atau komponen tak hidup. Komponen abiotik merupakan komponen fisik dan kimia yang membentuk lingkungan abiotik. Contoh komponen abiotik antara lain suhu, air, cahaya, kelembapan, udara, garam-garam mineral dan tanah.
·        Latihan
1.      Jelaskan yang dimaksud dengan komponen biotik dan sebutkan contohnya!
2.      Jelaskan yang dimaksud dengan komponen abiotik dan sebutkan contohnya!

·        Umpan Balik
1.      Komponen abiotik adalah komponen yang terdiri atas makhluk hidup. Contohnya : manusia, hewan, tumbuhan dan lain-lain
2.      Komponen biotik adalah komponen yang terdiri atas benda tak hidup. Contohnya : air, cahaya, suhu, kelembapan, garam-garam mineral, tanah.

Kegiatan II
·        Uraian Materi
         Segala komponen yang terdapat di bumi ini baik kompone biotic maupun komponen abiotik  memiliki ciri-ciri dan aktivita masing-masing. Ciri-ciri komponen-komponen  tersebut umumnya dapat dilihat secara langsung keadaannya sehingga dapat dibedakan dengan komponen lainnya. Selain itu, setiap komponen juga memiliki aktivitas yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan, baik pada dirinya sendiri maupun pada komponen lain yang ada di sekitarnya. Ciri-ciri dan aktivitas komponen tersebut gejala alam. Berdasarkan komponen yang berperan di dalamnya maka gejala alam dibedakan atas dua yaitu gejala alam biotic dan gejala alam abiotik.
1.      Gejala Alam Biotik 
Secara anatomi (fisik) makhluk hidup memiliki ciri-ciri tertentu, contohnya,  bunga mawar memiliki bunga berwarna merah, bunganya berbau harum, batangnya berduri, dan daunnya bergerigi. Keadaan atau ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh makhluk hidup merupakan gejala alam kebendaan komponen biotic.
Selain  itu, secara fisiologi (proses yang terjadi di dalam tubuh) semua makhluk hidup melakukan aktivitas,  misalnya dapat tumbuh dan berkembang, bergerak, menanggapi ransangan, berkembang biak, dan mengeluarkan zat sisa. Sehingga segala aktivitas yang di lakukan makhluk hidup merupakan gejala alam kejadian komponen biotic. Contohnya : singa yang belari mengejar kijang dan memakan kijang tersebut.
2.      Gejala Alam Abiotik
Sama seperti komponen biotic, komponen abiotik juga memiliki keadaan atau cirri-ciri tertentu. Keadaan dan ciri-ciri benda tak hidup disebut gejala alam kebendaan abiotik. Contoh : air dapat bergerak bebas sesuai dengan keadaan ruang dan volumenya tetap, tanah ada yang berwarna merah,hitam dan kuning.
Peristiwa yang terjadi pada benda tak hidup (abiotik) disebut  gejala alam kejadian komponen abiotic . Sebagai contoh : udara berpindah dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah ; Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah ; Salju turun pada musim dingin 
Beberapa bencana alam termasuk ke dalam gejala alam kejadian komponen abiotik yang sangat kompleks karena berhubungan dengan beberapa komponen abiotik. Contohnya banjir, gunung meletus, tanah longsor, kemarau panjang dan lain-lain. Banjir merupakan suatu peristiwa meluapnya air di sungai dan aliran air dari dataran tinggi ke dataran rendah akibat curah hujan yang tinggi. Banjir berhubungan dengan air, curah hujan, tanah dan komponen abiotik lainnya.

·        Rangkuman
1.       Keadaan atau ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh makhluk hidup merupakan gejala alam kebendaan komponen biotic. Segala aktivitas yang di lakukan makhluk hidup merupakan gejala alam kejadian komponen biotic
2.       Keadaan dan ciri-ciri benda tak hidup disebut gejala alam kebendaa abiotik. Peristiwa yang terjadi pada benda tak hidup (abiotik) disebut  gejala alam kejadian komponen abiotic 
·        Latihan
1.      Jelaskan perbedaan antara gejala alam kebendaan komponen biotic dan gejala alam kejadian komponen biotic dan berikan ccontoh masing-masing!
2.      Jelaskan perbedaan antara gejala alam kebendaan komponen abiotic dan gejala alam kejadian komponen abiotic dan berikan contoh masing-masing!
·        Umpan Balik
1.      Gejala alam kebendaan komponen abioti adalah keadaan atau cirri-ciri khusus yang dimiliki oleh makhluk hidup, contohnya kijang memiliki tanduk yang panjang, dapat berlari dengan cepat dan pemakan tumbuhan, putri malu memiliki bunga berwarna ungu, tangkainya berduri dan daunnya mengatup bila disentuh dan contoh-contoh lainnya.  Sedangkan gejala alam kejadian komponen biotic adalah segala aktivitas makhluk hidup, contohnya tumbuhan hijau melakukan proses fotosintesis, manusia melahirkan seorang anak dan contoh-contoh lainnya.
2.      Gejala alam kebendaan komponen abiotik adalah keadaan atau cirri-ciri khusus yang dimiliki oleh benda tak hidup, contohnya tanah ada yang berwarna kuning dan hitam, dan contoh-contoh lainnya. Sedangkan gejala alam kejadian komponen abiotik segala peristiwa akibat aktivitas benda tak hidup, contohnya  angin, hujan, salju, kemarau, banjir dan lain-lain.


C.   TES FORMATIF
Pilihlah salah satu dari jawaban yang menurut anda paling benar!
1.    Komponen biotic yang terdapat dilaut adalah, kecuali …………..
a.       Ikan
b.      Trumbu karang
c.       Air
d.      Gurita
2.    Komponen abiotik yang terdapat dihutan adalah ……………
a.       Pohon
b.      Burung
c.       Cacing
d.      Tanah
3.      Pada gambar berikut ini, yang termasuk komponen biotic adalah …………
a.       Batu
b.      Pohon
c.       Air
d.      Tanah
4.      Burung memiliki sayap untuk terbang. Pada saat terbang, burung harus mengatur pernapasanya dan melawan tekanan udara agar tidak jatuh.  Burung dapat melihat pemandangan yang indah dari ketinggian seperti air yang mengalir di antara bebatuan di sungai, pohon-pohon di hutan dan ombak-ombak di laut.
Dari cerita di atas, yang merupakan komponen abiotik adalah………..
a.       Air, udara dan pohon
b.      Pohon, bebatuan dan air
c.       Udara, air dan bebatuan
d.      Pohon, udara dan bebatuan
5.      Pada hari minggu, Serly bermain pasir berjalan di pinggir pantai bersama  orang tuanya. Serli memandang jauh air yang berwrna biru, ombak bergulung dan menghempas pasir yang berwarna putih, dan beberapa ekor kepiting berlari menghindari hempasan ombak. Pantai itu di pagari oleh pohon kelapa yang menjulang tinggi.
Dari uraian di atas, komponen biotic yang terdapat pada pantai itu adalah
a.       Serly, pohon kelapa dan kepiting
b.      Serly, pohon kelapa dan air
c.       Serly, pasir, dan kepiting
d.      Serly, kepiting dan air
6.      Ani sedang makan apel yang ia petik langsung dari pohonnya. Kegiatan Ani termasuk ke dalam gejala alam …………..
a.       Kejadian komponen biotic
b.      Kebendaan kompinen biotic
c.       Kejadian komponen abiotik
d.      Kebendaan komponen abiotik
7.      Udara dapat menempati ruang, bergerak bebas, tidak terlihat dan volumenya tidak tetap. Hal ini menunjukkan gejala alam …………….
a.       Kejadian komponen biotic
b.      Kebendaan kompinen biotic
c.       Kejadian komponen abiotik
d.      Kebendaan komponen abiotik
8.      Yang termasuk ke dalam gejala alam kejadian komponen abiotik yang kompleks adalah sebagai berikut kecuali …………
a.       Tsunami
b.      Tanah longsor
c.       Gunung meletus
d.      Hujan
9.      Berikut ini adalah contoh gejala alam, yang termasuk ke dalam gejala alam kejadian komponen biotik adalah kecuali ……………
a.       Rino berolahraga dan mengeluarkan keringat
b.      Burung memiliki sayap untuk terbang
c.       Pohon melakukan proses fotosintesis
d.      Kepompong berubah menjadi kupu-kupu
10.  Pernyataan dibawah ini yang kurang tepat adalah ……….
a.       Harimau memangsa rusa merupakan gejala alam kebendaan komponen biotic
b.      Harimau memiliki taring yang tajam merupakan gejala alam kejadian komponen biotik
c.       Angin topan merupakan gejala alam kebendaan komponen abiotik
d.      Angin topan merupakan gejala alam kejadian komponen abiotik

·        Kunci Jawaban
1.        C
2.         D
3.         B
4.         C
5.         A
6.      A
7.      D
8.      D
9.      B
10.  C
·        Umpan Balik
1.      Ikan, trumbu karang dan gurita merupakan makhluk hidup yang hidup di laut termasuk ke dalam komponen biotic. Sedangkan air tidak hidup (komponen abiotik)
2.      Burung, pohon, cacing merupakan makhluk hidup seihingga merupakan komponen biotic. Tanah tidak hidup dan termasuk komponen abiotik.
3.      Gambar tersebut adalah gambar sebuah sungai. Pada gambar terlihat adanya air, batu, tanah, dan pohon-pohon. Yang termasuk komponen biotic adalah pohon dan air, batu dan tanah adalah komponen abiotik
4.      Di dalam cerita disebutkan adanya burung, udara, air, bebatuan dan pohon. Burung dan pohon adalah komponen biotic sedangkan udara, air dan bebatuan adalah komponen abiotik.
5.      Pada uraian disebutkan Serly, pasir, kepiting, pohon kelapa dan air. Serly (manusia), kepiting dan pohon kelapa merupakan makhluk hidup (komponen biotic) sedangkan air dan pasir adalah benda tak hidup (komponen abiotik).
6.      Ani sedang memakan apel merupakan satu contoh dari aktivitas makhluk hidup. segala aktivitas yang dilakukan mkhluk hidup merupakan gejala alam kejadian komponen biotic
7.      Dapat menempati ruang, bergerak bebas, tidak terlihat dan voumenya tidak tetap merupakan ciri-ciri atau keadaan udara. Udara merupakan salah satu komponen abiotik. Keadaan dan cirri-ciri benda tak hidup disebut gejala alam kebendaan komponen abiotik. 
8.      Gejala alam kejadian komponen abiotik yang kompleks adalah gejala alam yang terjadi dan berhubungan dengan beberapa komponen abiotik. Tsunami dapat terjadi akibat perubahan atau tekanan lempengan benua yang bergeser sehingga air di laut meluap. Tanah longsor dapat terjadi bila jumlah air yang terdapat di dalam tanah terlalu besar sehingga lapisan massa tanah tidak mampu menahan air tersebut. Gunung meletus dapat terjadi bila unsure-unsur yang berada dalam gunung menjadi aktif dan dapat mengeluarkan panas sehingga dapat menyebabkan sumber-sumber air menjadi kering dan lahan (tanah) yang ada disekitarnya menjadi rusak. Sedangkan hujan merupakan proses pelepasan air oleh awan  sehingga turun ke bumi. Hujan hanya berhubungan dengan satu komponen abiotik yaitu air.
9.      Rino berolahraga dan mengeluarkan keringat, pohon melakukan proses fotosintesis, dan kepompong berubah menjadi kupu-kupu. Ketiga contoh ini merupakan aktivitas makhluk hidup sehingga disebut gejala alam kejadian komponen biotic. Burung memiliki sayap unutuk terbang merupakan salah satu cirri-ciri makhluk hidup sehingga disebut gejala alam kebendaan komponen biotic.
10.  Harimau memangsa rusa, contoh aktivitas makhluk hidup sehingga termasuk gejala  alam kejadian komponen biotic. Harimau memiliki taring yang tajam, contoh cirri-ciri makhluk hidup sehingga termasuk gejala alam kebendaan komponen biotic.angin topan dapat terjadi akibat gerakan udara yang sangat cepat. Angin topan adalah peristiwa akibat udara (benda tak hdup) disebut sebagai gejala alam kejadian komponen abiotik.



DAFTAR PUSTAKA
Aryulina  Diah, Choirul Muslim dan Syalfinah Manaf. 2010. Biology 1B for Senior Hight School Grade X Semester 2. Jakarta: Esis
Campbell, Neil A., Jane B. Reece dan Lawrence G. Mitchel. 2004. Biologi Edisi Kelima Jilid 3. Jakarta: Erlangga
Dahrmawan, Agus dkk. 2004. Ekologi Hewan. Malang : Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang
Endarto, Danang, Sarwono dan Singgih Pribadi. 2009. Geografi Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta : Pusat Perbukuan Pendidikan Nasional
Ismail. 2008. Fisiologi Tumbuhan. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Lahay, Jutje. 2012. Buku Ajar Dasar-Dasar Ekologi Hewan. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar

2 komentar:

Candra Putra mengatakan...

gmna sih mbak,ngasih so'al di jwab sendiri
:D hahahahaha

the-ranger mengatakan...

makasih mba infonya... :)

visit my blog http://the-ranger.blogspot.com

Poskan Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Featured Posts Coolbthemes